Change Font Size

Change Screens

Change Layouts

Change Direction

Change Menu Styles

Cpanel

Ulangan Kenaikan Kelas 2012/2013

E-mail Print PDF

Tidak terasa tahun pelajaran 2012/2013 sudah menuju penghujung tahun, maka SMK Ahmad Yani segera melaksanakan Ulangan Kenaikan Kelas ( UKK ) bagi kelas X dan XI. Tahukah kamu, siswa – siswi SMK Ahmad Yani, bahwasanya bagaimana terselenggaranya suatu Ulangan Kenaikan Kelas ( UKK ) dengan baik? Semua itu memerlukan perencanaan, persiapan, kerjasama tim, dan lain – lain.

Persiapan kami lakukan dengan mengundang guru – guru dan staf/karyawan TU untuk melaksanakan rapat persiapan Ulangan Kenaikan Kelas yang diselenggarakan pada hari Jum’at, 10 Mei 2013 di SMK Ahmad Yani Kampus 2 mulai pukul 14.00 WIB. Dalam rapat tersebut diputuskan beberapa poin, yakni:

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Susunan Panitia UKK

SUSUNAN

PANITIA ULANGAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SMK AHMAD YANI PROBOLINGGO

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Penanggung jawab

- Kepala Sekolah

- Wakil Kepala Sekolah

Ketua Pelaksana

: AGUS SUWARNO, S.Pd

Sekretaris

I. BAMBANG PURNOMO, S.Pd

II. DEVI WINDA SARI, S.Pd

Staff Sekretaris

1. SUGIARTO

2. YONO TRISNO ADI

3. AGOK SETYOMONO

4. AGUS DWI SANTOSO

Bendahara

H. SUTIKNO

Anggota

TITIK SETYOWATI

IDA SULISTYOWATI

SEKSI-SEKSI

Perbanyakan

RISMA SIGIT PRAKOSO, S.Pd (Koordinator)

Anggota

1. AHMAD BUDI S., S.Pd

2. SUWARNO, S.Pd

3. AGUS BASTIAN, S.Pd

4. DWI SETYA DHARMA, S.Pd

5. ACH. KHOZIN, S.Kom

6. AGUS SALIM, S.Si

7. SEPTA RIMA I., S.Pd

8. M. ZAINURI, ST

9. ARIF KURNIAWAN, S.Kom

10.DIMAS BYANTONO, S.Pd

11. IRA OKTA VERINA, S.Pd

12. SAMSUL ARIFIN, S.Kom

13. YESSI LUSAIDA N., S.Pd

14. IRMA DAMAY S., S.Pd

15. RATNA AGUS P., SS

16. TITIK SUPRIRAHAYU

17. LULUK SUGIARTI, S.Pd

18. AHMAD AFANDI K.

Perlengkapan

MOH AZIS, S.Pd (Koordinator)

Anggota

1. SIH WIBADYO

2. Drs. USTADI

3. Drs. HANKY NET.

4. Drs. DJOKO SUNARIO

5. Drs. SUTRISNO

6. ARIE BOWO T.C., ST

7. GALUH AJI W., S.Pd

8. AHMAD SALIM, S.Kom

9. AHMAD FAUZI, S.Pd

10. S. KARNO

11. TOTOK SUBIYANTORO

12. MISNAN

13. AWAN MURTIONO, SE

14. SARNAJI

15. MUH. YANI

16. SAATANTO

Verifikasi

RACMAD ZULKARNAEN, S.Pd (Koordinator)

Anggota

1. Drs. KUSARDIANTO

2. YON ANSORI, M.Pd

3. SAIKHU ARIF KUNCORO, ST

4. RIEKY AFRIANTO, S.Pd

5. AHMAD NURDIN A. L., S.Pd

6. SATIO BUDI

Pelaksanaan UKK

UKK dilaksanakan mulai tanggal 03 – 12 Juni 2013 di kampus 2 baik kelas X dan XI semua masuk pagi. Tanggal 06 Juni 2013 libur Isra’ Mi’raj sedangkan untuk hari Senin, tanggal 10 Juni 2013 tidak diadakan UKK karena dilangsungkan acara Wisuda kelas XII di kampus 1 yang dihadiri oleh Bapak Walikota Probolinggo, H.M. Buchori, SH, M.Si

Bapak dan Ibu Sekretaris dibantu oleh staf sekretaris mulai menyusun berkas – berkas untuk UKK diantaranya : jumlah peserta UKK, daftar hadir peserta, nomor kartu peserta, jadual UKK, jadual pengawas, berita acara serah terima kartu soal, dll. Tepat pada hari Senin, 13 Mei 2013 kami mulai bekerja menyiapkan berkas – berkas tersebut. Setelah berkas – berkas tersebut tersusun, maka kami serahkan ke beberapa sie, yakni:

Berkas pembagian ruang dan tempat duduk peserta UKK dibagikan kepada sie. Perlengkapan dengan sang Leader Bapak M. Azis, S.Pd. Hal ini digunakan untuk membuat nomor Kartu Peserta Ulangan, nomor bangku, denah dan lokasi UKK. Tim ini mendapatkan tugas yang agak berat untuk tahun ini. Bagaimana tidak, mereka harus memindahkan bangku di kampus 1 ke kampus 2. Hal ini dikarenakan pelaksanaan UKK tahun ini difokuskan di kampus 2, sedangkan kampus 1 difokuskan untuk pendaftaran siswa baru. Dengan jumlah ruangan hanya 18 ruang. Otomatis jumlah peserta yang terdiri kelas X dan kelas XI ada yang mencapai 49 peserta dalam satu ruang. Padahal, dalam satu ruang secara normal ditempati oleh sekitar 44 siswa. Alhasil, tim perlengkapan mau tidak mau harus berjibaku menyiapkan kekurangan bangku dan kursi tersebut.

Sementara, tim penggandaan yang dipimpin oleh Bapak Risma Sigit Prakoso, S.Pd serta pasukannya yang merajalela mulai menyalin kartu soal dari guru mata pelajaran menjadi naskah soal dan siap digandakan sebanyak peserta UKK. Namun sebelum digandakan, kartu dan naskah soal tersebut diverifikasi oleh tim verifikasi yang dikomandani oleh Bapak Rachmad Zulkarnaen, S.Pd dkk untuk meminimalisir kesalahan dalam naskah soal. Begitu selesai digandakan, soal dipilah menurut kelas, hari, ruang, dan jumlah peserta dalam 1 ruang.

Jumlah siswa kelas X hingga hari Kamis, 30 Mei 2013 adalah 443, sementara kelas XI berjumlah 383 siswa. Sehingga jumlah total siswa kelas X dan XI yang mengikuti UKK tahun ini adalah 826 siswa. Pada tanggal 01 Juni jumlah tersebut berkurang lagi menjadi 824 siswa, karena 2 siswa dinyatakan positif Drop Out alias DO.

Pada H-3 (Hari Jum’at dan Sabtu, 31 Mei dan 1 Juni), siswa mulai melunasi segala urusan administrasi untuk mendapatkan Kartu Peserta UKK. Dengan kartu tersebut, siswa berhak mengikuti Ulangan Kenaikan Kelas. Namun tak jarang pula dari sebagian mereka yang tidak memiliki kartu tersebut karena mereka belum melunasi segala administrasi keuangan. Hal ini membuat mereka mendatangkan orangtua untuk mengajukan dispensasi pembayaran keuangan UKK.

A. PELAKSANAAN

Pada hari pertama pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas tahun pelajaran 2012/2013 berjalan cukup lancar, meskipun ada beberapa permasalahan seperti lembar soal ataupun lembar jawab yang kurang. Akan tetapi hal itu dapat diatasi dengan cepat oleh staf sekretaris. Adapula permasalahan yang lain seperti siswa yang belum mendapatkan Kartu Peserta UKK. Hal itu membuat mereka terpaksa mendatangkan orang tua mereka untuk mengajukan dispensasi pembayaran keuangan.

B. PASCA PELAKSANAAN UKK

Setelah UKK selesai, tanggal 13 hingga 15 Juni 2013 dilaksanakan remidi bagi siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di kampus 2. Pada hari Sabtu, tanggal 15 Juni 2013 diadakan rapat wali kelas di kampus 2. Pada hari itu juga guru mata pelajaran menyerahkan daftar nilai kepada Koordinator Verifikasi untuk selanjutnya diperiksa, disetujui dan diserahkan kepada wali kelas. Setelah itu, pada hari Senin tanggal 17 Juni 2013 dilaksanakan sidang kenaikan kelas untuk menentukan siswa yang naik kelas maupun yang tidak.

C. HASIL SIDANG KENAIKAN KELAS

Pada hari Senin, 17 Juni 2013 wali kelas dan guru mata pelajaran berkumpul di kampus 2 mulai pukul 14.00 – 21.30 WIB untuk menentukan bersama-sama siswa yang berhak naik kelas ataupun yang tidak naik kelas. Berdasarkan hasil rapat tersebut diputuskan beberapa hal diantaranya:

a. Jumlah awal peserta UKK = 829, jumlah tersebut berkurang menjadi 824 peserta pasca UKK,

b. Jumlah siswa setelah sidang kenaikan kelas adalah:

 

 

 

 

 

 

You are here