Change Font Size

Change Screens

Change Layouts

Change Direction

Change Menu Styles

Cpanel
Monday, 05 March 2012 21:03

JENIS-JENIS PEMROGRAMAN

Written by arif kurniawan
Rate this item
(10 votes)

Bahsa pemrograman adalah teknik instruksi standar untuk memerintah komputer, Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer

1.PEMROGRAMAN SISTEM OPERASI
Salah satu programmer yang terkenal berhasil membangun sebuah system operasi adalah Linus Benedict Torvalds dikenal dengan system operasi linux. 
Linux dibangun menggunakan bahasa pemrograman C. hal tersebut bisa diketahui karena linux bersifat open source(source code nya bisa dibaca siapapun). System operasi lain seperti halnya Windows tidak diketahui dengan pasti dibangun dengan bahasa apa meski beberapa sumber mengatakan windows dibangun dengan bahasa assembler.


2.PEMROGRAMAN APLIKASI

Bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi misalnya java, visual basic, Delphi, C/++/C#, VISUAL FOXPRO, dan Python. Aplikasi yang dihasilkanpun bermacam-macam mulai dari editor teks, image viewer, pemutar VCD, sampai aplikasi-aplikasi perkantoran pengolah gambar, pengolah foto, pengolah data dan lain-lain

3.PEMROGRAMAN WEB

Pemrograman web pada dasarnya digunakan untuk mendesain halaman situs web yang dinamis dan interaktif. Suatu halaman web dibangun dengan menggunakan bahasa HTML  dan perlu di digaris bawahi bahwa HTML bukan bahasa pemrograman, HTML hanyalah melakukan markup(penandaan) pada suatu teks sehingga akan menghasilkan format tertentu apabila dibaca oleh browser. Itu sebabnya HTML hanya bersifat statis.
Pemrograman web didesain untuk dapat mengubah-ubah output HTML tersebut sehingga tidak lagi statis melainkan dinamis. Bahasa pemrograman yang digunkan untuk pemrograman web adalah ASP, PHP, JSP, VBScript, dan Java Script.

4.PEMROGRAMAN GAME
Pemrograman game adalah pemrograman yang paling rumit. Sebelum dikembangkan, sebuah game harus memiliki konsep cerita yang jelas dan menarik.  Kemudian pemrograman game  harus menggabungkan seluruh pustaka dan API(Aplication Programing Interface) yang ada.
Karena alasan diatas bahasa pemrograman yang paling populer untuk pemrograman game adalah C++, java dan C. sifat orientasi objek dan compiler dari bahasa tersebut mendukung untuk pemrograman game.  Namun bukan berarti bahasa pemrograman yang lain tidak mendapat tempat, jika game yang dibuat adalah game sederhana maka bahasa pemrograman seperti visual basic pun dapat digunakan untuk menciptakan game.

Last modified on Monday, 05 March 2012 22:01
arif kurniawan

arif kurniawan

Mimpi masa kini adalah kenyataan hari esok.

Website: www.smkahmadyani-pbl.sch.id E-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Login to post comments
You are here