Change Font Size

Change Screens

Change Layouts

Change Direction

Change Menu Styles

Cpanel
Wednesday, 28 December 2011 07:23

Perkembangan Bahasa Permograman

Written by arif kurniawan
Rate this item
(3 votes)

Short Code
Sebelum dasawarsa 50-an tiba, tepatnya pada tahun 1949, diciptakanlah sebuah bahasa pemrograman yang pertama di dunia. Bahasa pemrograman tersebut adalah Short Code. Kompilasi Short Code dilakukan dengan tangan, artinya si programmer harus mengubah-ubah saklar menjadi on atau off (1 atau 0) dalam suatu rangkaian tertentu agar prosesor dapat mengeksekusi program tersebut.


Compiler A-0
Tahun pertama era 50-an, tepatnya pada tahun 1951, sebuah kompiler (compiler) generasi pertama diciptakan. Kompiler tersebut bernama A-0, Penciptanya tiada lain adalah Grace Murray Hopper, sang penemu "bug".
Semuanya bermula pada tahun 1949 ketika Grace bekerja pada Eckert-Mauchly Computer Corporation sebagai matema¬tikawan senior. Rekan kerjanya saat itu adalah John Eckert and John Mauchly. Mereka bekerja mengembangkan kom¬puter bernama UNIVAC (Universal Automatic Computer) yang dirancang berdasar konsep John von Neumann.

Selarna bekerja, Grace merancang sebuah kompiler, yaitu perangkat yang menerjemahkan bahasa pemrograman,yang dimengerti manusia, menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer. Motivasi Grace dalam menciptakan kompiler sungguh di luar dugaan, Dia mengaku bahwa dia adalah seorang yang malas, karena itu diciptakanlah sebuah kompiler agar pekerjaan pemrograman akhirnya kembali kepada komputer (ingat, sebelum itu kompilasi harus dilakukan dengan tangan) dan seorang matematikawan bisa berkonsentrasi kembali dalam pekerjaan matematis.

Tahun 1951, Eckert-Mauchly Computer Corporation diakuisisi oleh The Remington Rand Corporation, namun Grace tetap bekerja di sana. Pada tahun 1957, Grace bernama dengan divisi yang dipimpinnya menelurkan kompiler A-0 generasi baru yang diberi nama Math Matic. Math-Matic adalah kompiler pertama yang menggunakan Bahasa Inggris. Karya-karya Grace beri¬kutnya adalah A-2, A-3, dan AT-3. Pada masa kini, kompiler A-2 disebut dengan Assembly, sedangkan AT-3 mirip dengan FORTRAN.

COBOL

Untuk memenuhi kebutuhan bisnis pada saat itu, The Remington Rand Corporation memproduksi sebuah bahasa pemrograman bernama COBOL (Common Business-Oriented Language). Sudah tentu bahasa tersebut adalah hasil sum¬bangsih Grace juga.

FORTRAN
COBOL merupakan bahasa pemrograman yang dide¬dikasikan untuk keperluan bisnis. Untuk keperluan sains, bahasa pemrograman yang diciptakan adalah FORTRAN (Formula Translator) yang dikernbangkan oleh IBM. Bahasa pemrograman FORTRAN telah mengandung IF, DO, dan GOTO yang merupakan loncatan besar dalam perkernbangan bahasa pemrograman. Setelah itu berturut-turut lahirlah FORTRAN II dan FOR¬TRAN III, meskipun yang disebut terakhir ini tidak pernah sam¬pai ke tahap rilis. Yang dirilis berikutnya langsung meloncat ke FORTRAN IV.

LISP
Pada tahun 1958 seorang ilmuwan bernama John McCar¬thy dari MIT menciptakan sebuah bahasa pemrograman berna¬ma LISP (List Processing). Bahasa LISP didesain untuk keperluan riset Al (artificial intelligence) dan karena itu memiliki sintaks yang sangat khas dan belum pernah ada sebelumnya.

Salah satu pembeda LISP dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, termasuk yang bakal berkembang hingga sekarang, adalah tipe datanya. Pada LISP, satu-satunya tipe data yang dikenal adalah list (daftar), ditandai oleh serang¬kaian item yang diapit oleh tanda kurung (parenthesis). LISP sendiri ditulis dengan serangkaian list, jadi LISP me¬miliki kemampuan unik untuk dapat berkembang dari dirinya sendiri. Sintaks LISP dikenal sebagai Cambridge polish dan sangat berbeda dari logika boolean standar.
Justru karena spesifik dan bersifat "abstrak", maka LISP masih digunakan hingga kini. Versi modern dari LISP bahkan sudah mendukung pemrograman berorientasi objek, kemam¬puan untuk mengakses basis data (database), memiliki IDE (Integrated Development Environment) berbentuk grafis, dan lain-lain.

ALGOL
Pada tahun yang sama, dirilis pula bahasa pemrogram¬an ALGOL. Bahasa ALGOL dikembangkan oleh sebuah komite sains. ALGOL merupakan bahasa pemrograman pertama yang menggunakan struktur blok.
ALGOL bahkan disebut-sebut sebagai nenek moyang dari bahasa Pascal, C, C++, dan Java. Ada beberapa rills dari bahasa ALGOL dan masing-masing diberi nama sesuai tahun rilisnya, yaitu ALGOL 58, ALGOL 60, dan ALGOL 68.
ALGOL memiliki kemiripan dengan Pascal. Namun karena makin lama sintaks penggunaan ALGOL makin sulit, maka ALGOL akhirnya ditinggalkan dan nantinya kepopulerannya digan¬tikan oleh Pascal dan C.

APL
Pada tahun 1960, seorang matematikawan bernama Ken¬neth Iverson mengembangkan bahasa pemrograman APL (A Programming Language). APL merupakan interpreter yang spesifik untuk masalah matematis Berta memiliki sintaks dan karakter-karakter yang aneh (bahkan menggunakan karakter non-ASCII).
Bahasa pemrograman APL termasuk bahasa yang "tidak banyak bicara". Bagaimana tidak, un-tuk menampilkan teks Hello World misainya, cukup dengan menuliskan:
'Hello World'
Tak perlu perintah print() atau write(). Se¬dangkan untuk menyimpan suatu variabel dan mencetaknya, cukup tuliskan sintaks berikut ini.
a<-'Hello World'
a

SNOBOL
Bahasa SNOBOL (barangkali pelesetan dari snowball) diciptakan oleh tiga orang yang bekerja di laboratorium Bell. Mereka adalah D.J. Farber, R.E. Griswold, dan F.P. Polensky. SNOBOL merupakan ak¬ronim dari String-Oriented Symbolic Language.
Dari namanya ketahuan bahwa SNOBOL lebih digunakan untuk keperluan pemrograman yang berhubungan dengan string (teks). Salah satu aplikasi pertama yang dibuat dengan SNOBOL adalah editor teks.
Produk yang mengekor SNOBOL adalah FASBOL (Compiler SNOBOL) dan SPITBOL (Speedy imple¬mentation of Snobol).

PL/I
Pada tahun 1963, IBM rnengembangkan PL/I (Programming Language 1). IBM bermaksud mengombinasikan kelebihan-kelebi¬han ALGOL, FORTRAN, dan COBOL ke dalam satu bahasa. Akibatnya bahasa PL/I menjadi bahasa pemrograman yang sangat kompleks.
Bagusnya, PL/I sangat berkompeten dalam membangun ber¬bagai aplikasi. Namun, di sisi lain kompiler yang dibutuhkan menjadi sangat kompleks dan melakukan debugging pada PL/I bisa membuat kepala pusing tujuh belas keliling.

BASIC
BASIC (Beginners All-purpose Symbolic In¬struction Code) diciptakan oleh John Kennedy and Thomas Kurtz pada tahun 1964. Tidak seperti pencipta bahasa pemrograman lain yang umumnya merupakan ahli matematika atau ilmuwan di bi¬dang lain, John Kennedy and Thomas Kurtz adalah baru saja lulus kuliah. Karena itu, tidak meng¬herankan jika bahasa ciptaan mereka merupakan bahasa yang sangat simpel.
Oleh kedua orang tersebut BASIC memang ditujukan bagi mereka yang bukan "ahli" di bidang komputer. Tidak heran, BASIC merupakan bahasa yang sangat populer, bahkan hingga kini. Tentu saja BASIC yang sekarang bukan lagi BASIC yang dulu, tetapi variannya seperti Visual Basic, VBScript, dan VBA (Visual Basic for Application).
Pada saat pertama kali diciptakan, BASIC bersi¬fat kompiler, namun kebanyakan BASIC yang ada sekarang adalah interpreter.

FORTRAN 66 dan LOGO
Pada tahun 1966 ada dua bahasa pemrograman yang diciptakan, yaitu FORTRAN 66 yang merupakan pengembangan dari FORTRAN IV (1961) Serta LOGO. LOGO diciptakan untuk mengajarkan prinsip-prinsip pemrograman dan pemecahan masalah (problem solving) bagi anak-anak.
Karena ditujukan untuk anak-anak, LOGO menggunakan bentuk visual, yaitu sosok tokoh seekor kura-kura. Pada prinsipnya, pemrograman LOGO adalah memerintahkan kura-kura tersebut untuk bergerak ke arah tertentu sehingga menghasilkan suatu pola atau gambar.

BCPL
Setahun kemudian, pada tahun 1967, Marin Richards dari Cambridge University mengembangkan bahasa BCPL (Basic Com¬bined Programming Language). Nantinya, BCPL merupakan dasar bagi pengem¬bangan bahasa B dan C yang dilakukan di laboratorium Bell,
Pascal
Pascal mulai dikembangkan tahun 1968 oleh Niklaus Wirth namun barn dirilis tahun 1971. Niklaus Wirth tidak pernah menyang¬ka bahwa bahasa pemrograman ciptaannya akan menjadi begitu populer, bahkan menjadi basis pengem¬ bangan beberapa bahasa lain yang lahir setelahnya Pada era 70-an dan 80-an, Pascal digunakan secara luas, terutama dengan hadirnya IBM PC dan Macintosh. Kompiler Pascal tersedia baik dalam versi proprietary maupun freeware. Salah satu kompiler Pascal yang terkenal adalah Turbo Pascal yang dikembangkan oleh Borland.
Pascal harus digunakan secara disiplin oleh programmer¬nya, Semua data, variabel, dan subroutine harus dideklarasi¬kan terlebih dahulu sebelurn dapat digunakan.   

Forth, Smalltalk, dan Icon
Ketiga bahasa tersebut dirilis pada tahun yang sama, 1970. Forth yang diciptakan oleh Charles Moore didesain sebagai bahasa yang sangat simpel dan efisien. Smalltalk dikembangkan oleh Xe¬rox PARC dan proyek pengembangan¬nya dipimpin oleh Alan Kay. Smalltalk boleh dikatakan bahasa pertama yang murni OOP (Object Oriented Language) alias pemrograman berorientasi objek. Seluruh data yang diolah selalu dien¬kapsulasikan ke dalam objek. Beberapa versi Smalltalk adalah Smalltalk-72, Smalltalk-74, Smalltalk-76, Smalltalk¬80, dan ini yang unik GNU Smalltalk.
Icon adalah salah satu turunan SNOBOL. Icon aslinya didesain untuk berjalan di atas sistem operasi UNIX, namun belakangan dapat di-port ke VMS, MS-DOS, Windows (32-bit), OS/2, dan Macintosh.

B
Pada tahun yang sama dengan dirilisnya Pascal, dirilis pula bahasa B. Bahasa B dikembangkan berdasarkan bahasa BCPL. Pengembangannya dilakukan oleh Dennis M. Ritchie and K. L. Thompson di Murray Hill, New Jersey. Bahasa B cocok untuk komputasi non-numeris, seperti keputusan logika yang rumit, pengolahan  string. Bahasa B hanya berumur pendek, dalam waktu 1 tahun bahasa B digantikan oleh bahasa C,

Sh
Pada awal pengembangan UNIX, berbagai macam shell diciptakan, di antaranya adalah C'shell, Tenex Cshell, dan Bourne-Again Shell (bash). Untuk keperluan pemrograman di lingkungan shell tersebut (terutama bash), diciptakanlah bahasa skrip sh. Shell bash bersama dengan skripsh dikembangkan oleh Steve Bourne pada tahun 1971.

Prolog

Prolog dirilis pada tahun 1972 dan dikembangkan oleh Alain Colmerauer and Phillip Roussel. Prolog dapat melakukan hal-hal yang "hebat" hanya dengan jurnlah baris yang sedikit. mernberikan contoh penggunaan bahasa Prolog. openw( 6,t );

C
Pada tahun 1972 pula dirilis bahasa C. seperti telah dise¬butkan sebelumnya, bahasa C adalah pengganti bahasa B. Pengembangnya adalah Dennis M. Richie pada saat bekerja di Laboratorium Bell, Murray Hill, New Jersey. PCplus pernah memuat panjang lebar tentang bahasa C

TinyBASIC, Scheme, dan RatFOR
Pada tahun 1975, dirilis tiga bahasa pemrograman yang sama sekali tidak populer, yaitu TinyBASIC, Scheme, dan Rat-FOR.
TinyBASIC dirilis oleh Bob Albrecht dan Dennis Allison na¬mun diimplementasikan oleh Dick Whipple dan John Arnold. Dari namanya jelas terlihat bahwa TinyBASIC menggunakan dasar bahasa BASIC. Kata Tiny ditambahkan karena bahasa tersebut digunakan untuk mikrokomputer yang RAM nya hanya 2 KB.

Dikembangkan di MIT, Scheme merupakan "dialek" dari LISP. Berbeda dari LISP, Scheme memiliki banyak tipe data, di¬antaranya adalah simbol, beberapa tipe numeric, karakter dan string, list, vector, bit string, record, association lists dan tabel hash, dan beberapa tipe fungsional/lambda.
RatFOR merupakan singkatan dari Rational FORTRAN yang dikembangkan oleh B.W. Kerninghan. RatFOR pada dasarnya adalah FORTRAN namun mengijinkan penggunaan kontrol struktur seperti bahasa C.
Pada tahun itu jugs, 1975, Bill Gates dan Paul Allen merilis bahasa BASIC versi mereka sendiri dan memulai sebuah usaha dalam bidang perangkat lunak. Apakah perlu dijelaskan juga bahwa perusahaan yang mereka dirikan dinamakan Microsoft?

Awk
Awk merupakan bahasa pemroses string yang dikembang¬kan di Laboratorium Bell. Banyak digunakan di lingkungan UNIX untuk transformasi data dan program parsing. Salah satu varian Awk yang paling "bortenaga" adalah Gawk (GNU Awk).

Rexx

Di akhir era 70-an, IBM banyak memproduksi komputer mainframe. Untuk memenuhi kebutuhan pemrograman di lingkungan mainframe, IBM menciptakan Rexx yang kemudian berkembang cukup populer. Di lingkungan Windows, Rexx "berani" bersaing dengan Visual Basic, Java, Perl, and Tcl. Di lingkungan UNIX, Rexx bersaing dengan Perl, Tcl, Java, dan pemrograman shell. Di lingkungan IBM OS/2, Rexx boleh dibi¬lang berkibar sendirian.

Modula 2
Kendati dikembangkan oleh Niklaus Wirth (pengembang bahasa pemrograman Pascal) sejak tahun 1977, Modula 2 barn dirilis pada tahun 1980. Karena dikembangkan oleh orang yang sama, tidak heran jika Modula 2 dan Pascal memiliki kemiripan satu sama lain.
Kelebihan Modula 2 dibandingkan Pascal adalah dukung¬an terhadap concurrency dan manajemen memori dinamis yang lebih

Ada
Bahasa pemrograman Ada didesain khusus untuk De¬partemen Pertahanan AS, dirilis pada tahun 1983. Nama Ada diambil dari Ada Augusta King, programmer pertama di dunia. Bahasa Ada memiliki struktur blok dan memiliki fitur-fitur yang mendukung OOP seperti nested procedures, nested pack¬ages, strong typing, multi-tasking, generics, exception han-dling, dan abstract data types.
Ada dua versi bahasa Ada, yaitu Ada-83 dan Ada-95.

MUMPS
MUMPS merupakan singkatan dari Massa¬chusetts General Hospital Utility Multi-Program-ming System. Pada tahun 1977, standar ANSI dari MUMPS dirilis. Ketika MUMPS mulai populer di akhir era 70-an tersebut, banyak orang menyebut¬nya sebagai M saja. Selain lebih keren, juga untuk menghindari konotasi negatif.
M dikembangkan terutama untuk penanga¬nan basis data (database). Dari kepanjangannya, dapat diduga bahwa M lebih banyak digunakan untuk sistem informasi medis.

Actor dan Eiffel
Pada tahun 1986 lahir dua buah bahasa pe¬qr mrograman yang boleh dikatakan jeblok di pasa-ran, yaitu Actor dan Eiffel.
Actor dikembangkan oleh Charles Duff dan merupakan bahasa pemrograman OOP untuk membuat aplikasi yang berjalan di atas Microsoft Windows. Hanya itu saja informasi yang bisa di-0. dapat untuk Actor.
Eiffel dikembangkan oleh Interactive Software Engineering, Inc. Sebenarnya Eiffel cukup power¬ful dan telah mendukung OOP, namun karena tiadanya kompilar yang bersifat free (seperti yang cukup banyak tersedia untuk C++ dan Java), maka pelan tapi pasti, Eiffel tewas dengan sukses.

Oberon
Masih belum puas dengan mengembangkan Pascal dan Modula 2, Niklaus Wirth mengembangkan lagi sebuah bahasa pemrograman yang diberi nama Oberon. Oberon dirancang sedemikian rupa sehingga kompak. Kompiler, pustaka, dan lingkungan operasi (IDE) juga disediakan tersedia dalam 7 buah disket floppy.
Oberon memiliki beberapa versi yaitu Oberon V4 (System 2), Oberon System 3, dan Oberon/F. Sayangnya, Oberon juga tidak mampu menandingi ketenaran "ka¬keknya", yaitu Pascal.

C++
Sekitar tahun 80-an, pemrograman berorientasi objek sedang naik daun. Bahasa C yang saat itu termasuk bahasa yang sangat populer pun akhirnya dipoles sedemikian rupa sehingga mendukung OOP. Nama C++ sendiri adalah ide dari Rick Mascitti. Pertama kali diterapkan pada tahun 1983, C++ akhirnya distandarisasi dengan standar ISO dan ANSI pada November 1997.

Perl

Perl tadinya merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan di lingkungan sistem operasi UNIX, namun kini juga berkembang untuk sistem operasi Windows. Perl merupakan singkatan dari Practical Extraction and Reporting Language.
Kelemahan Perl adalah tidak adanya standarisasi dalam penggunaan bahasa pemrogramannya. Namun, umumnya para programmer Perl merujuk pada buku "Programming Perl, 2nd Edition", karya Larry Wall, 1987, dalam membangun aplikasi dengan Perl.Perl sendiri dikembangkan dengan menggunakan bahasa C, sehingga sangat portabel. Perl bersifat free dan tutorial mengenai penggunaannya sangat mudah dijumpai.

Era 90-an

Kita sekarang telah memasuki era modern, termasuk dalam hal komputasi. Percepatan pengembangan komputer sejak era 90-an begitu pesat. Termasuk di dalamnya adalah perkembanga n Internet, Bahasa-bahasa pemrograman yang dikembangkan di era ini pun mulai meng¬arah ke pemrograman Internet, namun begitu pemrograman desktop juga tidak ditinggalkan. Bahasa-bahasa pemrograman makin bersifat OOP.

Java
Java dikembangkan oleh riset di Sun Microsystem. "Java" pemrograman Java boleh dibilang mirip dengan C++. Java didesain untuk menjadi simpel dan portabel. Lebih lanjut, menurut para pengembangnya, Java didesain untuk menjadi bahasa yang berorientasi objek, kuat, aman, tidak bergantung arsitektur prosesor tertentu, portabel, berperforma tinggi, dan dinamis.
Demi keamanan, para perancang Java tidak memasukkan fitur pointers, inheritance ganda, operator overloading, dan macro-preprocessor. Pertama kali dikembangkan, Java bernama Oak. Namun para pengembangnya merasa nama Oak tersebut kurang cocok untuk mewakili sebuah bahasa pemrograman yang sedemikian tangguh, Mereka lalu mengadakan brainstorming. Konon kabarnya brainstorming tersebut diadakan di sebuah kedai kopi dan mereka memesan kopi jawa.

Karena terkesan dengan rasa kopi tersebut, maka nama Java pun diambil sebagai nama bahasa pemrograman yang mereka kembangkan. sebuah sumber lain berspekulasi bahwa nama Java merupakan akronim dari orang-orang yang terlibat dalam pengembangannya, yaitu James Gosling, Arthur Van Hoff, dan Andy Bechtolsheim. Cerita yang pertama bisa jadi lebih benar, karena logo Java adalah secangkir kopi panas

Python
Aslinya, Python diciptakan oleh Guido Rossum untuk berjalan di atas platform sistem operasi Amoeba. sekarang Python bersifat portabel. Bahkan belakangan lebih terkenal.

Visual Basic
Microsoft mulai menancapkan kukunya ke dalam dunia pemrograman, dimulai dengan rills Visual Basic pada tahun 1991. Bahasa BASIC yang digunakan tidak beda dengan dialek-dialek kompiler BASIC yang lain namun dibarengi dengan desain pemrograman secara visual.
Salah satu yang mendukung kepopuleran Visual Basic adalah kemampuannya untuk diperluas (extensibility). Itu artinya ada komponen-komponen yang dapat disematkan ke dalam Visual Basic. Begitu banyak komunitas programmer yang mendesain kontrol-kontrol ekstensi tersebut dalam ben¬tuk Visual Basic Controls (VBXs) dan ActiveX Controls.

Ruby
Ruby yang ini jelas bukan nama maskot kartu grafis ATI yang seksi itu, tetapi nama bahasa pemrograman. Ruby sangat mirip dengan Perl, bedanya adalah pada cars pengolahan data. Perl memperlakukan data numeris, string, list, dan hash sebagai tipe data built-in, sedangkan Ruby mengimplementa¬sikan semuanya sebagai objek.

Delphi

Seperti telah disebutkan sebelumnya, salah satu kompiler Pascal yang terkenal adalah produksi Borland, yaitu Turbo Pascal. Nah, bisa jadi (ini cuma dugaan Iho) karena terkesan dengan Visual Basic, maka Borland juga ingin memproduksi Visual Pascal. Maka pada tahun 1995 lahirlah Delphi, sebuah lingkungan pemrograman bersifat visual yang merniliki dasar bahasa Pascal.
Delphi bahkan sempat menjadi bahasa pemrograman favorit para programmer pada akhir dekade 90-an sebelum ¬entah kenapa-popularitasnya menurun drastis pada tahun 2000-an hingga sekarang. Barangkali karena Anders Hejls¬berg, pentolan programmer Delphi, "diculik" Microsoft untuk mengembangkan C#.

Dylan
Dylan dikembangkan oleh Apple Computer pada tahun 1992. Dylan merupakan kependekan dari Dynamic Language. Sekalipun sintaks Dylan merupakan ide yang ori¬sinal, namun secara garis besar strukturnya mirip dengan bahasa Scheme. W
Walaupun ditujukan untuk platform Macintosh, namun belakangan juga dapat digunakan di atas platform UNIX dan Windows.

JavaScript
Pada tahun 1994, Netscape merilis sebuah bahasa skrip bernama LiveScript. Netscape menginginkan adanya "perilaku" yang dinamis pada dunia web. Sun Microsystems, pengembang Java, tertarik dengan kemampuan LiveScript. Sun dan Netscape kemudian bekerja sama dan mengem¬bangkan LiveScript menjadi lebih hebat lagi dan diberi nama JavaScript.
JavaScript sangat mirip dengan Java, namun lebih seder¬hana dan digunakan khusus pada web browser, terutama browser keluaran Netscape. Internet Explorer produk Microsoft juga mendukung JavaScript, namun dengan bahasa skrip modifikasi mereka sendiri yang diberi nama JScript.

VBScript
Seakan tak mau kalah dengan Netscape, Microsoft juga merilis sendiri sebuah bahasa skrip untuk web browser. Bahasa tersebut adalah VBScript. Walaupun telah dikembangkan sejak 1995, VBScript baru dirilis bersama dengan Internet Explorer 3.0 pada tahun 1997. VBScript merupakan kependekan dari Vi¬sual Basic Scripting Edition, jadi jelas bahasa yang digunakan-nya adalah bahasa BASIC dan ditujukan untuk pemrograman web. Satu-satunya browser yang mendukung VBScript adalah Internet Explorer.

ASP dan PHP
Pada pertengahan dekade 90-an mulai dira¬sakan keterbatasan bahasa, skrip yang didukung oleh browser. Penyebabnya adalah pengolahan dilakukan oleh klien (browser itu sendiri), bukan server. Maka dikembangkanlah bahasa skrip yang diolah di server. Sejak itu mulailah bermunculan server side scripting. ASP (Active Server Pages) adalah ciptaan Microsoft merupakan teknologi bahasa skrip di lingkungan server yang dapat digunakan untuk membangun  halaman web yang interaktif dan mem bangun aplikasi web yang powerful.

Karena ASP lebih condong ke arah teknologinya bukan bahasanya, maka a beberapa bahasa yang dapat digunakan. Bahasa skrip ASP yang umum digunakan adalah VBScript dan JScrip Untuk dapat menjalankan ASP, diperlukan IIS (Intern Information Server). PHP merupakan sing katan rekursif dari PHP: Hypertext Preprocessor. Ada juga yang menyebutnya Personal Home Page tools. Tapi di situs resminya (www.php.net), kepanjangan yang pertama ya digunakan. Berbeda dengan ASP, PHP bukan merujuk pada server side scripting, namun pada bahasa skrip it sendiri. Bahasa skrip PHP menggunakan dialek bahasa C.

C#
Sejauh ini bahasa C#  adalah bahasa pemrograman termuda, C# dikembangkan oleh Microsoft dan pertama kali diajukan ke ECMA Standards group sekitar pertengahan 2000. C# didesain memiliki ketangguhan yang sama dengan C++ atau java, namun semudah visual basic
Nah, dengan mengetahui tentang sejarah bahasa pe¬mrograman, diharapkan Anda makin tertarik dengannya. Siapa tahu kisah-kisah perjuangan pars pengembang bahasa pemrograman bisa memotivasi Anda untuk menjadi program¬mer yang balk, bahkan siapa tahu bisa menciptakan bahasa pemrograman yang baru.

 

Last modified on Monday, 05 March 2012 22:15
arif kurniawan

arif kurniawan

Mimpi masa kini adalah kenyataan hari esok.

Website: www.smkahmadyani-pbl.sch.id E-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Login to post comments
You are here