Change Font Size

Change Screens

Change Layouts

Change Direction

Change Menu Styles

Cpanel
Wednesday, 28 December 2011 15:14

Asal Mula Kata Bug

Written by arif kurniawan
Rate this item
(2 votes)

Asal Mula Kata BUG /DEBUGING

Setelah generasi Mark I dan ENIAC, Mark II—penerus Mark 1—dikembangkan. Pada masa Mark II ini terdapat suatu kejadian yang menarik. Komputer Mark II tersebut dioperasikan di ruangan yang tidak menggunakan AC sehing¬ga apabila udara panas (apalagi jika bertepatan pada musim panas) maka jendela-jendela ruang akan selalu dibuka.


Pada suatu hari di musim panas tahun 1945, Mark II berhenti bekerja. Operator Mark II pada saat itu, Grace Murray Hopper (1906-1992) bersama teman-temannya segera mencari penyebabnya. Mereka akhirnya menemu¬kan bangkai sejenis lalat yang mati terjebak di dalam sebuah relay. Itulah bug—dalam arti yang sebenarnya, serangga—komputer yang pertama!
Grace kemudian menempelkan lalat tersebut pada logbook, yaitu buku yang mencatat aktivitas Mark II. Di kemudian hari, jika Grace dan kawan-kawan melakukan perbaikan pada Mark 11, mereka rnenyebutnya sebagai "debugging".

Kata "bug" dan "debugging" sendiri ditengarai telah disebutkan oleh Thomas Edison untuk mendeskrip¬sikan kegagalan sistem mekanis pada saat beliau mengerjakan berbagai macam penemuannya. Namun peristiwa yang dialami oleh Grace itulah yang akhirnya memopulerkan istilah "bug" dan "debugging" dalam dunia komputer hingga hari ini.

 

Last modified on Monday, 05 March 2012 22:15
arif kurniawan

arif kurniawan

Mimpi masa kini adalah kenyataan hari esok.

Website: www.smkahmadyani-pbl.sch.id E-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Login to post comments
You are here