Change Font Size

Change Screens

Change Layouts

Change Direction

Change Menu Styles

Cpanel

PPKT

 

Persaingan antara Negeri dengan Swasta, Swasta dengan Swasta semakin ketat. Dalam meraih simpati masyarakat kami selain membangun gedung, melengkapi sarana, meningkatkan prestasi siswa, dan tepatnya tahun 2003 SMK AHMAD YANI Probolinggo yang diprakarsai oleh teman-teman Jurusan Otomotif  kami menyambut kebijakan pemerintah melalui Program BBE (Broad Base Education) maka berdirilah Unit Program Baru di sekolah kami yang diberi nama Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan Terpadu (PPKT) sebagai wujud dari salah satu misi kami, yaitu “Memperluas peran dan jangkauan SMK. "AHMAD YANI" Probolinggo sebagai lembaga Diklat yang melayani masyarakat umum pada semua strata usia sekolah”.

SMK PPKT adalah sebuah unit pengembangan kegiatan SMK di luar kegiatan reguler, berupa Short Course ( pelatihan jangka pendek) Vocational Skill (Ketrampilan Kejuruan) dengan lama pelatihan ± 3 (tiga) bulan atau menyesuaikan permintaan, dengan peserta bisa siswa sendiri atau masyarakat umum.

PPKT SMK AHMAD YANI Probolinggo ada melalui seleksi proposal di Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur melalui Dinas Pendidikan Kota Probolinggo (Bapak Drs. Surachmad selaku Kepala Dinas dibantu Bapak Drs. Hendro Suroso selaku Kabid Dikmen dan Drs. Teguh Bagus S. selaku Kasi SMA, SMK) dan SMK AHMAD YANI Probolinggo terpilih  sebagai pelaksana program BBE dengan bidang kegiatan PPKT diklat otomotif, dengan memperoleh bantuan dana Blok Grant dari Jawa Timur sebesar Rp 150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah) dan dari Pemerintah Kota memperoleh Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) untuk penyelenggaraan diklat awal. Dana tersebut digunakan  untuk menyelenggarakan 3 (tiga) pelatihan dalam setahun dengan biaya gratis. Tanggal 13 September 2003 PPKT SMK AHMAD YANI Probolinggo disosialisasikan dan diresmikan. Pejabat yang meresmikan kegiatan pertama adalah Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Probolinggo dalam hal ini diwakili oleh Drs. Hendro Suroso didampingi oleh Bapak Drs. Teguh Bagus S. dan dihadiri oleh Kepala SMA, SMK Negeri Swasta, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Dunia Usaha dan Dunia Industri dan beberapa instansi terkait.

Kegiatan pertama dimulai tanggal 16 Mei 2004. Pada  tahun berikutnya PPKT SMK AHMAD YANI Probolinggo dinilai sebagai satu dari tiga SMK pelaksana BBE terbaik di Jawa Timur dan mendapat Reward sebesar Rp 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah) dan dana tersebut kami pergunakan sebagai dana subsidi untuk pelaksanaan diklat PPKT pada periode berikut yaitu, peserta dalam hal ini membayar swadaya 50% dan 50% di subsidi dari dana reward. Kemudian  periode berikutnya  biaya sepenuhnya swadaya dari peserta.

Tahun 2004 PPKT dikembangkan pada Jurusan Mesin dan Jurusan Listrik bahkan pada Bahasa Inggris, dan berjalan sukses kecuali PPKT di lab bahasa inggris yang berjalan hanya setahun.Ketua PPKT  tahun 2003 sampai 2007 dijabat oleh Bapak Warnoto, SPd sebagai salah satu perintis berdirinya PPKT. Periode selanjutnya dijabat oleh Bapak Drs. Kusardianto.

Dalam perkembangannya   mulai tahun 2004 program PPKT kami tawarkan ke masyarakat umum dan Kantor-kantor terkait, baru setelah 3 (tiga) tahun  memperoleh tanggapan. Tahun 2006 Dinas Tenaga Kerja Kota Probolinggo mulai menjadi mitra kerja, PPKT SMK AHMAD YANI Probolinggo dipercaya untuk memberikan diklat pada masyarakat pencari kerja di Kota Probolinggo  ± 17 paket kegiatan dan kerjasama ini sampai pada tahun 2009 masih berlangsung. Demikian juga dengan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Probolinggo sampai tahun 2009 telah 2 (dua) kali mempercayakan kepada kami untuk memberi diklat las dan sepeda motor kepada anak jalanan. Dan sebagai Implementasi BBE di SMA, SMK PPKT AHMAD YANI Probolinggo pernah memberi diklat vocational skill otomotif kepada siswa-siswa SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 4 Probolinggo. Demikian juga SMP TARUNA Leces pernah menjalin kerjasama dengan PPKT guna memberikan diklat sepeda motor dan Instalasi Listrik Bangunan Gedung kepada siswa-siswinya.

 

DAFTAR PROGRAM DIKLAT

NO

PROGRAM DIKLAT

1

TUNE UP DAN SISTIM PEMINDAH TENAGA

2

SEPEDA MOTOR

3

GULUNG MOTOR ( 1 FASA 3 FASA )

4

GULUNG MOTOR PERALATAN RUMAH TANGGA

5

TEKNIK LISTRIK TERAPAN

6

BUBUT, FRAIS DAN SKRAP

7

LAS LISTRIK

8

LAS KARBID (ASITELIN)

9

MASTER CAM (Design Teknik)

10

MICROSOFT OFFICE (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point)

11

PEMBUATAN SOFTWARE APLIKASI

12

PEMBUATAN WEBSITE

13

PERAKITAN KOMPUTER

 

 

 

 

 

You are here