Visi Sekolah
“Berakhlak mulia, berstandar nasional, berbudaya lingkungan dan kompetitif tingkat nasional tahun 2020”

Misi Sekolah

  1. Mewujudkan perilaku beribadah sesuai dengan agama/keyakinan masing-masing
  2. Mewujudkan perilaku jujur
  3. Mewujudkan perilaku disiplin
  4. Mewujudkan perilaku sopan dan santun
  5. Mewujudkan perilaku bertanggung jawab
  6. Mewujudkan sekolah yang berpedoman pada 8 standar pendidikan (Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Sarana Prasarana, Standar pengelolaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pembiayaan)
  7. Mewujudkan sekolah adiwiyata provinsi
  8. Mewujudkan sekolah yang berprestasi tingkat nasional tahun 2020.

Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) AHMAD YANI

Tujuan secara umum:
Meningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

Tujuan secara khusus:
Berdasarkan Visi dan Misi yang telah ditetapkan, maka tujuan untuk 5 tahun ke depan SMK. AHMAD YANI Kota Probolinggo dalam peranannya sebagai lembaga pendidikan adalah :
1) Mewujudkan mutu lulusan

  • Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • Berpengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
  • Berketerampilan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret.

2) Merumuskan struktur kurikulum

Menyusun struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu siswa kuasai; penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses pengalaman belajar yang efektif.

3) Penyelenggaraan Pelayanan Belajar
Terselenggara pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian yang terbarukan melalui kerja sama guru yang pembelajaran dengan indikator

  • Seluruh guru menyusun RPP yang memenuhi kebutuhan siswa mengembangkan potensi dan prestasinya.
  • Disain pembelajaran pada seluruh mata pelajaran sesuai koteks satuan pendidikan
  • Memenuhi standar proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek)
  • Mendayagunakan sumber belajar yang beragam dengan memanfaatkan data yang terdekat, dari kongkrit sampai yang abstrak.
  • Mendayagunakakan kerja sama intenal dan eksternal sekolah dengan melibatkan orang tua siswa secara bijak.
  • Mengembangkan model penilaian yang mendorong siswa belajar dan bekompeten.
  • Mengoptimalkan pendayagunaan waktu secara efektif dan efisien.
  • Meningkatkan keunggulan siswa secara kolaboratif.
  • Mengevaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.
  • Mengembangkan inovasi pelayanan belajar sebagai tindaklanjut dari data hasil evaluasi.

4) Penilaian
Terselenggara penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas:

  • perbaikan instrument yang mengukur ketercapaian indikator hasil belajar
  • pengelolaan buku nilai guru
  • pengelolaan sistem infomasi penilaian sekolah
  • legger
  • buku induk siswa, dan
  • rapot.

5) Pencapaian standar pendidik dan tenaga pendidikan meliputi: semua guru tersertifikasi, semua pengajar sesuai dengan bidangnya.
6) Pencapaian standar sarpras/ fasilitas sekolah meliputi semua sarpras, fasilitas, peralatan, dan perawatan memenuhi SPM (standard pelayanan minimal).
7) Pencapaian standar pengelolaan sekolah meliputi standar pembelajaran, kurikulum, sarpras, SDM, kesiswaan, administrasi dll.
8) Pencapaian standar biaya.
9) Pencapaian Sekolah Adiwiyata


Artikel lain