SMK Ahmad Yani Probolinggo berhasil meraih juara pertama dalam kategori Best Assembling pada ajang “Mahameru Electric Vehicle Innovation (EVI) 2024” yang diadakan oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim. Kompetisi ini berlangsung di Lapangan Mahameru Polda Jatim pada Senin, 24 Juni 2024 dan merupakan ajang pertama di Indonesia yang diadakan oleh jajaran Polda untuk kendaraan listrik roda dua.

Sebagai pemenang, SMK Ahmad Yani Probolinggo bersaing dengan 50 peserta lain dari seluruh Pulau Jawa yang memamerkan inovasi dalam mengubah kendaraan bermotor berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik. Kompetisi ini meliputi berbagai aspek penilaian seperti inovasi, torsi, dan keselamatan. Tim dari SMK Ahmad Yani Probolinggo berhasil memukau para juri dengan hasil perakitan motor listrik yang sangat baik dan memenuhi standar keselamatan yang ketat.

AKBP Lukman Cahyono, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, menyatakan bahwa Ditlantas Polda Jatim sangat proaktif dalam mendukung kegiatan konversi motor listrik sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah. “Lomba ini merupakan kali pertama yang dilaksanakan oleh jajaran Polda di Indonesia. Kami mendukung program pemerintah untuk mempercepat peralihan ke kendaraan berbasis listrik,” kata AKBP Lukman Cahyono.

SMK Ahmad Yani Probolinggo telah membuktikan kemampuan mereka dalam bidang teknik dan inovasi melalui keberhasilan ini. Kepala Sekolah SMK Ahmad Yani Probolinggo, Bapak Rieky Afrianto,S.Pd.,M.M. , mengungkapkan rasa bangganya terhadap tim. “Keberhasilan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi siswa-siswa kami serta dukungan dari para guru. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi siswa dalam bidang teknologi,” ujarnya.

Ajang Mahameru EVI 2024 tidak hanya menjadi tempat untuk menunjukkan keahlian teknis, tetapi juga sebagai sarana pembekalan berupa sosialisasi dari PT Metal Mitra Perkasa (MMP), mitra bengkel tersertifikasi. Penjurian final dilakukan pada Rabu, 26 Juni 2024, dengan penekanan pada inovasi, torsi, dan keselamatan.

Program konversi ini adalah bagian dari upaya pemerintah yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Listrik. Konversi kendaraan ini menawarkan insentif, subsidi, dan efisiensi biaya perawatan, serta pajak tahunan yang lebih ringan.

Keberhasilan SMK Ahmad Yani Probolinggo di ajang Mahameru EVI 2024 menegaskan posisi mereka sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan terdepan di Jawa Timur dalam bidang teknologi dan inovasi. Dengan prestasi ini, SMK Ahmad Yani Probolinggo semakin dikenal sebagai sekolah favorit dan pusat keunggulan di Kota Probolinggo.